| 
Sekolah | 
: | 
SMP  | 
| 
Mata Pelajaran | 
: | 
Matematika | 
| 
Kelas / Semester | 
: | 
VIII. 2 / Gasal | 
| 
Tahun Pelajaran | 
: | 
2009/2010 | 
| 
Standar Kompetensi | 
: | 
1.      Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi   dan  persamaan garis lurus. | 
| 
Kompetensi Dasar | 
: | 
1.3   Memahami   relasi dan fungsi | 
| 
Indikator | 
: | 
·          Menentukan banyaknya pemetaan (fungsi) yang   mungkin terbentuk dari dua himpunan | 
| 
Alokasi Waktu | 
: | 
2 x 40 Menit | 
A.      Tujuan Pembelajaran
Siswa diharapkan dapat menentukan banyaknya pemetaan  yang mungkin terbentuk dari dua himpunan
B.      Materi Pembelajaran : Relasi dan Fungsi
C.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.        Model : Cooperative Learnin
2.        Metode           : a. ceramah
b. tanya jawab
D.     Sumber, Alat, dan Bahan Pembelajaran
1.        Kurikulum
2.        Buku-buku matematika 
a.       Asyono. 2005, Matematika kelas VIII. Jakarta : Bumi Aksara
b.      Fahimi, Ahmad. 2005, LKS Matematika 8 A. Purworejo : CV. Mranti Jaya
c.       Buku Paket Matematika
d.      Buku-buku Matematika yang Relevan
3.        Lembar Kerja
E.      Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
| 
Kegiatan | 
Alokasi waktu | 
| 
1.      Kegiatan awal 
a.         Guru membagi siswa menjadi 10 kelompok, dengan   masing-masing kelompok beranggotakan 4 orang. 
b.        Siswa berkelompok sesuai kelompoknya masing-masing   dan menerima lembar kerja 
c.       Mengingat kembali tentang   pengertian relasi dan fungsi,       serta   cara menyatakan suatu pemetaan (fungsi) 
2.      Kegiatan inti 
a.         Guru menjelaskan dan bertanya jawab dengan siswa tentang   menentukan banyaknya pemetaan (fungsi) yang mungkin terbentuk dari dua   himpunan 
b.        Siswa mengerjakan lembar kerja. 
c.       Siswa dan Guru membahas hasil lembar   kerja. 
3.      Kegiatan akhir 
a.         Siswa mengumpulkan lembar kerja 
b.        Guru dan siswa menarik kesimpulan tentang pengertian   relasi dan fungsi, cara-cara menyatakan suatu pemetaan (fungsi) serta   syarat-syarat untuk menentukan banyaknya pemetaan (fungsi) yang mungkin   terbentuk dari dua himpunan 
c.       Guru memberikan tugas rumah (PR) | 
10 menit 
10 menit 
25 menit 
15 menit 
10 menit 
10 menit | 
F.       Penilaian
1.        Jenis tagihan    : Tugas Kelompok
2.        Bentuk instrument        : Tes tertulis
| 
Mengetahui : 
Guru Pembimbing, 
________________________ 
           NIP.                       | 
Praktikan, 
Rizal Aries Sandi 
NIM. 06410354 | 


 
 














Tidak ada komentar:
Posting Komentar