SEKOLAH                   : SMP
            MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
            KELAS/SEMESTER  : VIII/1
STANDAR KOMPETENSI :
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi dan persamaan garis lurus
KOMPETENSI DASAR
1.1    Melakukan operasi aljabar
INDIKATOR
·    Menyelesaikan operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar.
·    Menyelesaikan perkalian, pembagian dan pangkat pada bentuk aljabar
ALOKASI WAKTU
        8 Jam pelajaran (4 kali pertemuan)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
     Siswa dapat :
·    Menyelesaikan operasi tambah bentuk aljabar
·    Menyelesaikan operasi kurang bentuk aljabar
·    Menyelesaikan operasi kali bentuk aljabar
·    Menyelesaikan operasi pembagian  bentuk aljabar
·    Menyelesaikan pemangkatan bentuk aljabar suku satu dan suku dua
·    Menyelesaikan pengkuadratan suku tiga
B. MATERI AJAR
·    Penjumlahan suku sejenis dan tak sejenis
·    Pengurangan suku sejenis dan tak sejenis 
·    Perkalian suku satu dan suku dua, suku dua dan suku dua
·    Pembagian suku satu dan suku dua
·    Perpangkatan suku satu dan suku dua
·    Pengkuadratan suku tiga
C. METODE PEMBELAJARAN
Tanya jawab dan penugasan
D. Langkah-langkah kegiatan
     Pertemuan pertama
     Pedahuluan
     Apersepsi     :  Mengingat kembali tentang koefisien , variabel dan konstanta
     Motovasi      :  Apabila siswa dapat menguasai materi ini dengan baik maka akan mahir 
                             dalam melakukan operasi hitung
      Kegiatan inti
1.  Dengan berdialog siswa diingatkan kembali tentang koefisien , variabel dan konstanta
2.    Guru dan siswa mendiskusikan tentang penjumlahan, pengurangan dari suku satu dan suku dua .
3.    Siswa mengerjakan latihan 1 pada buku  Erlangga halaman 5 dan 6 No 1 – 6
Penutup
 1.  Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman
     2.  Siswa dan guru melakukan refleksi
     3.  Guru memberikan PR
     Pertemuan ke dua
     Pendahuluan                                                                                                                                                                                                                                                                                            
     Apersepsi   : 1. Membahas PR                                                                                                                                                                                                                                                
                          2. Mengingat kembali tentang operasi penjumlahan dan pengurangan pada suku satu dan suku dua 
     Motivasi     :  Apabila siswa dapat menguasai materi ini dengan baik maka akan mahir 
                           dalam melakukan operasi hitung
     Kegiatan inti
1.    Guru dan siswa dengan tanya jawab membahas tentang perkalian ,pembagian  bentuk aljabar
2.    Siswa mengerjakan latihan 2 halaman  7 dan 8 no 1 – 40 yang nomor ganjil dan latihan 3 hal 9 no 1 – 25 nomor genap pada buku Erlangga
   Penutup
     1.  Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman
     2.  Siswa dan guru melakukan refleksi
     3.  Guru memberikan PR
     Pertemuan  ke tiga
     Pendahuluan                                                                                                                                                                                                                                                                                            
     Apersepsi   : 1. membahas PR                                                                                                                                                                                                                                                
                          2. Mengingat kembali tentang operasi perkalian dan pembagian pada suku satu dan suku dua 
     Motivasi     : Apabila siswa dapat menguasai materi ini dengan baik maka akan mahir 
                           dalam melakukan operasi hitung
     Kegiatan inti
1.  Guru dan siswa dengan tanya jawab membahas tentang pangkat suku satu dan suku dua bentuk aljabar
2.  Siswa mengerjakan latihan 4 halaman 7 dan 8 no 1 – 40 yang nomor ganjil pada buku Erlangga.
   Penutup
     1.  Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman
     2.  Siswa dan guru melakukan refleksi
     3.  Guru memberikan PR
     Pertemuan  ke empat
     Pendahuluan                                                                                                                                                                                                                                                                                            
     Apersepsi   : 1. Membahas PR                                                                                                                                                                                                                                                
                          2. Mengingat kembali tentang tentang pangkat suku satu dan suku dua bentuk aljabar
     Motivasi     : Apabila siswa dapat menguasai materi ini dengan baik maka akan mahir 
                           dalam melakukan operasi hitung
     Kegiatan inti
1.  Guru dan siswa dengan tanya jawab membahas tentang pengkuadratan suku tiga  bentuk aljabar
2.  Siswa mengerjakan latihan 5 halaman 14 pada buku Erlangga.
   Penutup
     1.  Dengan bimbingan guru siswa diminta membuat rangkuman
     2.  Siswa dan guru melakukan refleksi
     3.  Guru memberikan PR
F.   PENILAIAN
       Tekhnik : Tes tulis
     Bentuk instrumen : Pertanyaan lisan dan tertulis                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              Instrumen:
- Tentukan koefisien dari x untuk bentuk aljabar berikut: 2x2 – 5x + 2y
 - Tentukan hasil penjumlahan dari:
 
a. 2a – 7a + a               b. 3x + 8y – 5x – 4y
- Tentukan hasil pengurangan 6x + 3 dari 2x – 5
 - Sederhanakan bentuk berikut:
 
a. 2(3x + 5y)                b. (6p – 3) (4p – 2q)    c. (2x + 3) (3x – 1)
d. 12 a3 : 4 a                 e. 24 x5y4 : 3 x2y           f. (30a4b4 : 6 a2b3) x 2 a 
g. (4 x2y)3                     h. (2a + 3)2                   i. (3x + 2)5
      Kunci jawaban dan penilaian : 
- Koefisien x      = -5                                                                                                                                   (Skor      2)
 - a) -4a                                                                                                                                                                  (Skor      2)                       
 
b) -2x + 4y                                                                  (Skor 3)
- 4x – 2                                                                                                                                                                 (Skor      3)
 
- a) 6x +      10y                                                                                                                                                 (Skor      5)
 
b) 24p2 – 12pq – 12p + 6q                                                                                            (Skor 10)
c) 6x2 + 7x – 3                                                                                                                                  (Skor 10)
d) 3a2                                                                           (Skor 5)
e) 8x3y3                                                                        (Skor 10)
f) 10a3b                                                                        (Skor 15)
g) 64x6y3                                                                      (Skor 10)
h) 4a2 + 12 a + 9                                                          (Skor 10)
i) 234x5 + 810x4 + 1080x3 +240x + 32                                                            (Skor 15)
Mengetahui : 
Kepala Sekolah 
_____________________ 
             NIP      
 |    
Yogyakarta,      Agustus 2009 
Praktikan 
 Rizal aries Sandi 
NIP. 06410354 
 |   



Tidak ada komentar:
Posting Komentar