7 Desember 2009

USAHA (KERJA) OLEH GAYA YANG BERUBAH



Share

1. Pengertian Usaha
Apakah bedanya usaha dalam kehidupan sehari-hari dengan dalam fisika? Dalam kehidupan sehari-hari, kata usaha dapat diartikan sebagai kegiatan dengan mengerahkan tenaga, pikiran, atau badan untuk mencapai tujuan tertentu. Usaha dapat juga diartikan sebagai pekerjaan untuk mencapai tujuan tertentu. Kata “usaha” dalam pengertian sehari-hari ini tidak dapat dinyatakan dengan suatu angka atau ukuran dan tidak dapat pula dinyatakan dengan rumus matematis. Tetapi dalam fisika usaha merupakan definisi yang sudah pasti, mempunyai arti dan dapat dinyatakan dengan rumus matematis. Jadi pengertian usaha menurut bahasa sehari-hari sebagai “upaya” untuk mendapatkan sesuatu
Dalam fisika, pengertian usaha hampir sama dengan pengertian usaha dalam kehidupan sehari-hari. Kesamaannya adalah dalam hal kegiatan dengan mengerahkan tenaga. Pengertian usaha dalam fisika selalu menyangkut tenaga atau energi. Selain itu, usaha merupakan proses perubahan Energi dan usaha ini selalu dihubungkan dengan gaya (F) yang menyebabkan perpindahan (s) suatu benda. Dengan kata lain, bila ada gaya yang menyebabkan perpindahan suatu benda, maka dikatakan gaya tersebut melakukan usaha terhadap benda tersebut. Apabila sesuatu (manusia, hewan, atau mesin) melakukan usaha maka yang melakukan usaha itu harus mengeluarkan sejumlah energi untuk menghasilkan perpindahan.

Sebagai contoh, sebuah mesin melakukan usaha ketika mengangkat atau memindahkan sesuatu. Seseorang yang membawa batu bata ke lantai dua sebuah bangunan telah melakukan usaha. Ketika berjalan, otot-otot kakimu melakukan usaha. Namun jika kamu hanya menahan sebuah benda agar benda tersebut tidak bergerak, itu bukan melakukan usaha. Seseorang yang sudah menahan sebuah batu besar agar tidak menggelinding ke bawah tidak melakukan usaha. Walaupun orang tersebut telah mengerahkan seluruh kekuatannya untuk menahan batu tersebut. Jadi, dalam fisika, usaha berkaitan dengan gerak sebuah benda. Jadi apabila kita mengeluarkan sejumlah energi atau tenaga untuk memindahkan suatu benda, kita perlu mendorong atau menarik benda itu. Saat kita mendorong atau menarik benda, kita mengeluarkan energi. Usaha yang kita lakukan tampak pada perpindahan benda itu. Selanjutnya, disini akan dibahas mengenai Usaha (kerja) oleh gaya yang berubah.

2. Usaha (kerja) Oleh Gaya yang Berubah
Usaha oleh gaya yang berubah-ubah disebur gaya konservatif. Contoh gaya yang besarnya berubah-ubah yaitu gaya pada pegas. Robert Hooke menyatakan bahwa besarnya gaya yang diperlukan untuk menarik suatu pegas sebanding dengan simpanganya. F ~ x
F = k . x
Keterangan :
F = Gaya ( N )
k = Konstanta pegas ( N/m)
x = Simpangan ( m )

Untuk menghitung besarnya kerja oleh gaya F yang selalu berubah-ubah dengan perubahan posisi, kita ambil perpindahan dalam selang waktu yang kecil, sehingga perubahan posisinya adalah dx sehingga usaha dalam waktu yang kecil (perubahan posisi dalam dx) .

Untuk lebih jelas klik di sini : usaha dan energi_TIERTA KASIRIN POENYA.doc

Tidak ada komentar: